Senin, 15 November 2010

Penerapan Pengorganisasian Pada Organisasi Mahasiswa

PENERAPAN PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI MAHASISWA


A. PENDAHULUAN
Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama dalam melaksanakan tugas-tugas yang ditetapkan guna mencapai suatu tujuan. Setiap orang melaksanakan tugasnya dengan penuh komitmen serta berpedoman pada rencana kerja atau petunjuk pelaksanaan kerja.

B. ISI
pengorganisasian sendiri meliputi penentuan dan penugasan dari berbagai macam golongan pekerjaan. Struktur organisasi sendiri dibagi menjadi 4 (empat) macam, yaitu
1. Organisasi Garis
Organisasi garis hanya mengenal satu komando. Satu wewenang yang turun dan manajer puncak langsung kepada manajer menengah dan dari manajer menengah langsung kepada mandor. Jadi perintah hanya turun dari pemimpin yang teratas.

2. Organisasi Fungsional
Bagian organisasi didasarkan pada fungsi/pekerja. Dalam organisasi fungsional,pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap atasan berwenang memberi komando pada setiap bawahan.

3. Organisasi Garis dan Staf
Bentuk organisasi garis dan staf umumnya dianut oleh organisasi besar dengan wilayah kerja yang luas dan memiliki bidang tugas yang beraneka ragam serta jumlah karyawan yang banyak. Di dalam organisasi seperti ini terdapat beberapa orang staf. Staf adalah orang yang ahli dalam bidang tertentu, yang bertugas memberi saran dan nasihat dalam bidangnya kepada pimpinan organisasi tersebut.

4. Organisasi Staf dan Fungsional
Bentuk organisasi staf dan fungsional merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dengan organisasi garis dan staf.

1. PENUTUP
Pengorganisasian memiliki peran yang sangat penting guna kelancaran kegiatan yang menjadi agenda dalam suatu organisasi. Tentunya dapat dibayangkan bila suatu organisasi tidak menjalankan fungsi organisasinya secara baik. Hal itu akan sangat berpengaruh buruk terhadap kinerja dari setiap bagian organisasi tersebut.

2. DAFTAR PUSTAKA
http://irpansusanto.blogspot.com/2010/03/manajemen.html
http:\\www.nurrahmanarif.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar