Kamis, 07 Oktober 2010

Penerapan Manajemen Dalam kehidupan mahasiswa




1. Manajemen Diri

Sebelum kita mempelajri tentang  manajemen diri. Kita harus mengerti tentang  pengertian Diri, perkembangan-nya dan bagaimana pengelolaannya.
Diri individu merupakan suatu sitem yang melingkupi tiga ranah, yaitu ranah spiritual, ranah kejiwaan dan ranah jasmani. Tingkah laku manusia merupakan fungsi dari kerja sistemik ketiga ranah tersebut.
Kita harus menyadari dinamika ketiga ranah tersebut dalam sikap dan tingkah laku kita sehari-hari. Dalam menjalani kehidupan kita seringkali dipenuhi oleh gemuruhnya deru aktivitas kita, baik menyangkut ranah spiritual, ranah kejiwaan maupun ranah fisik kita. Padahal kita memerlukan saat meng-ada dimana ketiga ranah tersebut dapat saling menyelaraskan keberadaanya, tanpa ada campur tangan selain Cahaya Sang Khalik yang bersemayam di lubuk hati kita.
Anda harus memiliki saat-saat hening (solitude) di antara hingar bingar aktivitas Anda. Tahukah Anda bahwa hanya didalam keheningan relung hati Anda, pikiran Anda bisa dicerahkan suara qalbu Anda
Selanjutnya, mungkin Anda masih ingat, saya menjelaskan tentang bagaimana diri ini berkembang melalui berbagai tahapan dengan ajakkan dan issue kritikal masing-masing tahap ( sesuai teori perkembangan “Self Identity” nya Erik Erikson) 
Lebih lanjut, ‘individualitas Aku’ dibangun dan berakar dari konteks social kehidupan-ku, dari interaksi antar pribadi di lingkungan terdekat-ku. Jadi tanpa interaksi tidak ada ‘kita’ yang membangun ‘aku’.
Saat Anda telah dapat memilah dan membedakan ‘aku’(diri) Anda dari ‘aku’-‘aku’ orang lain, Dengan demikian Anda bisa merasa berharga, sehingga Anda bisa mendekati lingkungan tanpa rasa marah / terpaksa begitu pula dapat menjauhi lingkungan Anda tanpa rasa bersalah
Namun demikian, sebagaimana yang saya jelaskan kala itu, kita membutuhkan  sejumlah orang (paling tidak lingkungan terdekat kita) membenarkan identitas kita. Dengan perkataan lain, identitas perlu berakar dalam konteks social. Identitas diri dewasa, berakar pada rasa terhisab (belonging) pada kelompok social kita. Ada tarik-ulur antara kebutuhan ‘aktualisasi diri’ dan kebutuhan ‘terhisab-belonging’. 
Anda kuasai skill agar Anda bisa mengelola diri Anda dalam pergaulan kampus.; Anda seyogyanya mengetahui  arah ‘mindsetting’ diri  Anda dalam bergaul yang sehat, khususnya dalam pergaulan kampus

Penerapan manajemen yang ada pada kehidupan mahasiswa diantaranya :
1.Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang mahasiswa untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
2.Keterampilan manajemen perencanaan
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat merencanakan apa yang bisa menjadi motivasi untuk mencapai suatu masa depan atau tujuannya agar tidak salah jalan.
3.Keterampilan manajemen pengorganisasian
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat membagi setiap atau menjadwalkan kegiatan secara bijaksana .
4.Keterampilan manajemen pengarahan .
Keterampilan manajemen yang dilakukan mahasiswa dalam mengarahkan atau menempatkan sesuatu hal secara bijaksana .

 


2. Sejumlah tips

antara lain menyangkut seputar pengenalan diri dalam pengaruh masa lalu , dalam konteks masa kini serta keadilan ke diri dan lingkungan; menyangkut perubahan diri dan kemelengketan,  perubahan cara berhubungan, menerima diri  sendiri maupun diri lain apa adanya, dsbnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar